ABSTRAK
Nurhayati 2006, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model GI (Group Investigation) Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kerja Ilmiah Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN I Gondangwetan.
Kata kunci : Kooperatif Model GI, motivasi, kerja ilmiah
Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus terhadap siswa kelas XII IPA-1 pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan pada semester gasal tahun pelajaran 2006/2007. Siswa diberi tindakan berupa pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation). Siswa diberi keleluasaan untuk merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang penelitian, melaksanakan dan mengkomunikasikan hasil lewat presentasi, dan menyerahkan laporan secara tertulis. Melalui tinadakan ini diharapkan motivasi dan kerja ilmiah siswa kelas XII IPA-1 meningkat. Peningkatan motivasi dan kerja ilmiah dari kemunculan setiap aspek / indikator pada kegiatan yang dilakukan selama proses pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi dan kerja ilmiah siswa meningkat. Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya semua aspek. Aspek keberanian bertanya dan menjawab pada siklus I 24 % meningkat menjadi 69 % pada siklus II. Aspek keaktifan menyelesaikan tugas pada siklus I 57 % meningkat menjadi 74 % pada siklus II. Aspek kerja sama dalam kelompok pada siklus I 52 % menjadi 79 % pada siklus II. Komponen kerja ilmiah juga mengalami peningkatan antara lain : komponen penyelidikan ilmiah rata-rata pada siklus I 48 % meningkat menjadi 69,4 % pada siklus II. Komponen komunikasi ilmiah rata-rata pada siklus I 47,3 % meningkat menjadi 73,6 % pada siklus II. Komponen pengembangan kreativitas dan pemecahan masalah rata-rata pada siklus I 52,3 % meningkat menjadi 47,6 % pada siklus II. Komponen sikap dan nilai ilmiah rata-rata pada siklus I 30 % meningkat menjadi 65,5 % pada siklus II. Selain itu, laporan hasil investigasi juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata 62,9 meningkat menjadi 75,2 pada siklus II. Hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata 61,7 dengan ketuntasan klasikal 76,2 % meningkat menjadi rata-rata nilai 80,98 dan ketuntasan klasikal mencapai 100 % pada siklus II.Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation) pada mata pelajaran biologi dapat meningkatkan motivasi dan kerja ilmiah. Saran yang dapat disampaikan agar guru biologi menerapkan model GI (Group Investigation) pada materi-materi yang sesuai.